CARA MENGOBATI PENYAKIT JERAWAT PADA KULIT WAJAH

CARA MENGOBATI PENYAKIT JERAWAT PADA KULIT WAJAH


BEBERAPA JENIS JERAWAT DAN CARA MUDAH MENGOBATI JERAWAT

JERAWAT merupakan penyakit kulit pada manusia yang muncul pada wajah karena pori-pori kulit tersumbat sehingga terbentuk suatu kantung nanah berwarna merah  yang meradang. JERAWAT adalah salah satu penyakit kulit yang dapat menyerang kepada siapapun dan penyakit ini merupakan penyakit kulit yang banyak diderita oleh orang.

Jerawat yang tumbuh di wajah khususnya para remaja sering sekali terjadi dan banyak mengatakan bahwa jerawat tersebut tumbuh karena ada rasa saling suka dengan lawan jenis. Jerawat yang tumbuh di wajah sangat mengganggu sehingga mengurangi rasa percaya diri dan kecantikan.

Salah seorang peneliti ternama di dunia “Kligmann” menyatakan bahwa  semua orang akan mengalami muncul jerawat selama melewati masa hidupnya. Jerawat  tersebut timbul karena adanya perubahan hormon yang merangsang kelenjar minyak di kulit saat penderita mengalami stress berlebihan dan timbul pada wanita yang sedang mengalami masa menstruasi.

CARA MENGOBATI PENYAKIT JERAWAT PADA KULIT WAJAH

 

JENIS JERAWAT PADA KULIT WAJAH

JERAWAT  adalah salah satu penyakit yang sewaktu-waktu dapat menyerang wajah. Untuk itu kenali Jenis jerawat secara umum berikut ini.

  1.  JENIS JERAWAT BIASA
    Jerawat biasa merupakan jerawat yang secara umum terjadi pada semua orang selama melewati masa hidup. Jerawat biasa ini ditandai dengan muncul bintik kecil berwarna putih kemerahan. Jerawat biasa ini muncul karena pori-pori tersumbat dan mengalami infeksi Baktmeri Propionibacterium Acne. Jenis bakteri ini dapat hidup pada daerah tempat diproduksi asam lemak pada kantung kelenjar yang tersembunyi di bawah permukaan kulit ( Sebaceous).
  2. JENIS JERAWAT BATU
    Jerawat batu atau istilah lain Cystic Acne merupakan jerawat yang muncul dengan benjolan yang besar-besar yang memiliki peradangan hebat. Jerawat batu ini memeiliki warna yang lebih merah dibandingkan dengan jerawat biasa. Jerawat batu ini berada pada pada satu tempat atau berkumpul di seluruh wajah. Jerawat batu dapat disebabkan karena mengandung kelenjar minyak yang terlalu banyak dan dapat pula dipengaruhi oleh pertumbuhan sel yang tidak normal. Jerawat batu ini termasuk pada jenis jerawat yang parah.
  3. KOMEDO
    Komedo merupakan sel kulit mati dan kelenjar yang cukup berlebihan. Komedo ini memiliki 2 jenis antara lain
    -Komedo Terbuka (Blackhead), Komedo terbuka ini seperti pori-pori besar danberwarna  hitam
    -Komedo Tertutup (Whitehead), Komedo Tertutup ini terdapat kulit yang tumbuh diatas pori-pori yang tersumbat dan terlihat seperti tonjolan yang kecil berwarna putih.
  4. JENIS JERAWAT JUVENIL
    Jerawat Juvenil merupakan jerawat masa pubertas pada umur 15-20 tahun. Jerawat ini terjadi karena faktor Hormonal yang masih belum stabil untuk memproduksi sebum
  5. JENIS JERAWAT VULGARIS
    Jerawat Vulgaris ini terjadi pada remaja dan dewasa. Jerawat ini termasuk salah satu kelainan kulit yang biasa ditandai dengan erupsi komedo terbuka, komedo tertutup dan bersisik. Salah satu penyebab jerawat Vulgaris adalah Hormonal, Minyak berlebih, produk kosmetik.
  6. JENIS JERAWAT ROSACEA
    Jerawat Rosacea ditandai dengan muncul bintik kecil merah di pipi dan berbentuk lingkaran dan dapat menimbulkan peradangan. Jerawat Rosacea ini biasa terjadi pada wanita yang  berusia 30-50 tahun.
  7. JENIS JERAWAT NITROSICA
    Jerawat Nitrosica termasuk jerawat yang sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kulit pada wajah berlubang.

INILAH PENYEBAB JERAWAT YANG SERING UNCUL DI KULIT WAJAH

Jerawat diketahui dapat terjadi pada setiap orang, untuk itu silahkan simak beberapa PENYEBAB JERAWAT SECARA UMUM, sebagai berikut.

  1. HORMON
    Penyebab umum jerawat adalah hormon. Secara umum jerawat akan mulai muncul saat usia masuk 10 – 15 tahun dan akan menghilang jika usai masuk 25 tahun. Jerawat tersebut akan muncul lagi pada usia 40 tahun kepada sebagian orang kira-kira 10%.
  2. RAMBUT
    Salah satu yang membuat muncul jerawat adalah rambut. Kenapa? Karena jika seorang malas membersihkan rambut seperti memakai shampo dan keramas maka kulit kepala akan memiliki minyak berlebihan. Minyak tersebut mengalir ke wajah dan bercampur dengan debu yang menempel sehingga terjadi penyumbatan pori-pori kulit dan akan menimbulkan jerawat.
  3. MINUMAN SODA
    Jika anda sering konsumsi minuman soda maka hal tersebut dapat menimbulkan jerawat pada wajah. Dikatakan demikian karena Soda dapat menciptakan INFLAMASI pada tubuh karena terdapat kandungan Aspartame yang menimbulkan jerawat. Selain kandungan Aspartame, Soda juga menurunkan tingkat PH.
  4. ALERGI
    Jerawat bukan hanya muncul karena faktor hormon tetapi juga disebabkan oleh makanan atau minuman seperti Susu dan makanan yang kaya dengan karbohidrat yang tinggi.
  5. MINYAK BERLEBIHAN
    Jerawat akan muncul jika mengalami kelebihan produksi kelenjar minyak (Sebaceus Gland) yang dapat menyebabkan penyubatan saluran Folikel rambut dan pori-pori rambut.
  6. BAKTERI
    Bakteri yang terdapt dikulit akan menimbulkan jerawat. Bakteri ini biasa disebut dengan P.Acne yang berkembang didalam kelenjar minyak yang tersumbat dan akan menghasilkan zat-zat terjadinya iritasi pada daerah sekitar. Kelenjar ini akan menghasilkan minyak dan suatu waktu akan pecah dan tersebar ke radang kulit dan meninggalkan bekas yang cukup lama.
  7. KOSMETIK
    Penggunaan kosmetik atau produk yang tidak cocok pada wajah akan menimbulkan jerawat. Kosmetik banyak mengandung minyak dan foundation sehingga kandungan tersebut dapat menyumbat pada pori-pori wajah.
  8. OBAT
    Ternyata konsumsi obat dapat menimbulkan jerawat seperti konsumsi obat minum atau obat oles yang mengakibatkan daya tahan tubuh lemah dan sangat berpotensi timbul jerawat karena bakteri patogen yang terus meningkat.
  9. TELEPON
    Baru-baru ini ditemukan bahwa salah satu alat yang menimbulkan jerawat adalah telepon. Dengan permukaan telepon yang menyentuh permukaan kulit wajah dapat menjadi tempat tumbuhnya bakteri, oleh karena itu usahakan jangan terlalu menempelkan wajah saat telepon.
  10. STRESS
    Stress merupakan penyabab secara umum yang menimbulkan jerawat pada wajah. Secara umum orang yang mengalami stress tanpa dia sadari akan ada hormon yang keluar dan hormon tersebut dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat.
CARA MENGOBATI PENYAKIT JERAWAT PADA KULIT WAJAH

CARA MENCEGAH ATAU MENGATASI JERAWAT PADA KULIT WAJAH

Untuk mencegah atau mengatasi muncul jerawat pada wajah cantik anda silahkan lakukan beberapa hal berikut ini.
  1. Minum air putih yang banyak.
  2. Olahraga dengan teratur.
  3. Konsumsi makanan dan minuman yang segar.
  4. Selalu hindari makanan yang mengandung pengawet.
  5. Hentikan atau hindari merokok dan minum alkohol.
  6. Gunakan produk wajah yang sesuai dengan jenis kulit.
  7. Buat wanita jangan menggunakan make up yang berlebihan.
  8. Konsumsi makanan yang kaya dengan vitamin a, b2, b3 dan c.
  9. Hindari lebih cepat stress pada diri anda.
  10. Jangan sentuh jerawat dengan tangan yang kotor.
  11. Hindari  terkena sinar matahari secara langsung.
  12. Silahkan obati dengan menggunakan obat jerawat.
  13. Usahakan kulit wajah tetap bersih saat istirahat.
  14. Bersihkan wajah pada pagi hari dan sore hari.

INILAH CARA MENGOBATI PENYAKIT JERAWAT PADA WAJAH SECARA ALAMI


  1. CARA MENGOBATI PENYAKIT JERAWAT DENGAN MADU
    Madu merupakan  merupakan bahan yang sangat berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Cara mengobati jerawat dengan madu adalah oleskan madu pada wajah yang berjerawat dan silahkan diamkan selama kurang lebih 20 menit dan bilas dengan air bersih.
  2. CARA MENGOBATI PENYAKIT JERAWAT DENGAN JERUK NIPIS
    Jeruk nipis adalah salah satu bahan perasan makanan agar lezat. Selain dijadikan perasan untuk makanan, Jeruk nipis juga digunakan untuk mengobati jerawat dengan cara usapkan jeruk nipis yang yang sudah dibelah menjadi 2 bagian pada wajah yang berjerawat.
  3. CARA MENGOBATI PENYAKIT JERAWAT DENGAN MENTIMUN
    Mentimun adalah salah satu buah yang memiliki kadar air yang banyak yang diketahui dapat melancarkan saluran pada pori-pori wajah. Adapun caranya adalah silahkan potong Mentimun menjadi beberapa bagian lalu tempelkan pada wajah yang berjerawat.
  4. CARA MENGOBATI PENYAKIT JERAWAT DENGAN BERSIHKAN WAJAH
    Bersihkan wajah merupakan salah satu cara yang cukup gampang untuk dilakukan karena dengan membersihkan wajah maka akan terhindar dari kotoran atau debu yang menempel pada wajah. Untuk cara membersihkan silahkan menggunakan sabun cuci wajah yang sesuai dengan jenis kulit anda dan bilas dengan air bersih jangan sampai ada air sabun yang tersisa.
  5. CARA MENGOBATI PENYAKIT JERAWAT DENGAN PERAWATAN WAJAH
    Jika anda mempunyai biaya yang cukup silahkan konsultasi sama dokter ahli kulit agar mendapat perawtan khusus sesuai dengan yang dianjurkan dokter.
Itulah beberapa pembahasan mengenai CARA MENGOBATI PENYAKIT JERAWAT PADA KULIT WAJAH. Semoga dengan artikel ini dapat memberi manfaat untuk kita semua khususnya yang sedang mengalami jerawat pada wajah. Semoga setelah membaca artikel ini dan mempraktekkan jerawat anda akan hilang. Cukup sekian dan terima kasih telah berkunjung ke CARA MENGOBATI PENYAKIT.

Komentar